Skip to main content

Peluang bisnis membuka usaha ternak sapi


Menjadi seorang entrepereur atau pengusaha memang butuh kerja keras dan kesabaran, mungkin bagi anda yang pernah membuka usaha pernah mengalami pasang surut dalam menjalankan bisnis yang anda tekuni, memang tidak mudah dalam melawati setiap problem dan kenadala yang ada dalam dunia bisnis yang membuat kita lelah  dan jenuh, namun perlu anda ketahui bahwa jika anda ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses tentu kata menyerah dan putus asa tidak berlaku dalam kamus kehidupan anda,
Seorang pengusaha itu harus kuat,harus berani dalam mengambil resiko, harus sabar dan tekun, sebuah bisnis yang besar tentu di awali dari bawah atau merintis dengan semangat tinggi dan ketekunan alhasil bisnis yang di jalankan menjadi semakin maju dan berkembang, memang tidaklah instan butuh berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun itulah yang do sebut dengan sebuah proses, jangan pernah takut untuk melewati setiap proses yang ada karena ptoses itu sendiri yang akan membawa anda dan usaha anda kepada sebuah kesuksesan, jangan pernah merasa bahwa anda sudah tahu segala hal, seorang pengusaha itu adalah orang yang mau untuk terus-menerus belajar,belajar dari kegagalan,belajar dari setiap kesalahan,belajar dari sebuah pengalaman, jangan pernah letih untuk terus belajar apalagi mempelajari hal-hal yang baru,karena kita tau setiap detik hal-gal baru bermunculan bahkan setiap hari hal-hal yang tak pernah anda fikirkan mungkin sudah di kerjakan oleh orang lain, karena perubahan itu ada seiring perkembangan zaman dari hari ke hari.
cobalah sesekali tanyakan pada diri anda berapa kalikah anda gagal dalam membangun sebuah usaha dan berapa kalikah anda bangkit dari kegagalan tersebut?? anda masih mampu berdiri dan bisa melewati itu semua itu artinya anda adalah seorang pengusaha yang tangguh menurut saya.

apa saat ini terfikir di benak anda untuk memulai membuka usaha lagi?? ada suatu ide usaha yang mungkin di sepelekan orang dan belum banyak di tekuni orang usaha ini umumnya di temui di sebuah desa-desa usaha apakah itu?? iya usaha ternak sapi, pasti anda berfikir bagaimana menajalankan usaha ternak sapi ini, di bawah ini akan saya jelaskan semua hal dari persiapan,lahan,dan pakan, memulai bisnis ternak sapi tidaklan terlalu rumit dan membutuhkan biayaya besar, mulailah dulu dari titik bawah dengan 1 ekor sapi betina sebagai modal awal anda
hal yang perlu anda persiapkan adalah.

1.Lahan
iya lahan ini nantinya akan di gunakan untuk membuat kandang sapi, bagi anda yang di desa tentunya menentukan lahan yang sesuai untuk ternak sapi tidaklah begitu sulit pilihlah lahan yang tidak dekat dan tidak terlalau jauh dari rumah anda,maksudnya adalah berilah jarak beberapa puluh meter antara lahan yang akan di gunakan dengan pemukiman, ini antisipasi agar tidak membuat semua orang terganggu dengan bau dari kotoran sapi, pilihlah lahan yang lumayan luas mungkin dengan luas bagunan Lebar 5 meter dan panjang 5 meter, persiapkanlah tempat penampungan untuk kotoran sapi, nantinya untuk menampung semua kotoran dan kotoran ini nanti bisa menjadi pupuk kompos untuk tanaman.

2.bahan bangunan untuk kandang 
untuk membuat kandang sapi tentunya di perlukan sebuah bahan bangunan jadi bahan bangunan apa saja yang harus di persiapkan anda bisa membelinya di toko matrial? iya bahan bangunan yang perlu di persiapkan antara lain adalah
.seketsa/gambar untuk mementukan bangunan kandang sapi
.genteng/asbes untuk bagian atap kandang
.bambu/kayu balok panjang untuk menopang genteng/asbes
.batako/untuk tembok kandang
.semen
.pasir
buatlah kandang dengan bahan bangunan yang sudah anda persiapkan tadi mungkin anda membutuhkan tenaga tukang untuk membantu pengerja'annya
bicarakanlah dan rencanakananlah akan seperti apa bentuk bangunan kandang sapi yang akan di buat, untuk lantainya usahakan jangan terlalu halus karena bisa licin dan membuat sapi bisa jatuh kapan saja buatlah lantai kandang dengan bentuk tekstur kasar agar tidak licin.

3.pakan
untuk yang satu ini penting karena pakan yang baik akan menghasilkan sapi ternak yang berkwalitas baik, sapi sendiri adalah hewan pemakan rumput, namun di samping itu anda bisa memberinya makanan tambahan untuk ternak sapi anda seperti bekatul yang di capur dengan air dan potongan rumput hijau,buatlah jadwal untuk memberikan air minum pada sapi ternak anda.

4.perawatan
sama halnya seperti memelihara ternak lain,sapi juga membutuhkan perawatan anda bisa memulai dari pembersihan kandang 1 bulan 2x.

Sebenarnya memulai usaha ternak sapi ini tidaklah rumit dengan ketekunan dan ketelatenan maka usaha ternak sapi ini bisa berkembang dan tentu kelak bisa menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan dan menghasilkan mungkin sekian artikel kali ini semoga bermanfa'at.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar